E-COMMERCE

E-COMMERCE


1) Business to Consumer eCommerce
     adalah mekanisme toko on-line (electronic shopping mall), yaitu transaksi antara e-merchant dengan
     e-customer. memiliki karakteristik sebagai berikut: Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke
     umum. 

2) Business to Business e-Commerce
    adalah sistem komunikasi bisnis on-line antar pelaku bisnis. umumnya menggunakan mekanisme Electronic  
    Data Interchange (EDI).
    Karakteristik E-Commerce. Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi e-commerce memiliki
    beberapa karakteristik yang sangat khusus, yaitu :

- Transaksi tanpa batas

Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga, hanya perusahaan atau individu dengan modal besar yang dapat memasarkan produknya ke luar negeri.Dewasa ini dengan internet pengusaha kecil dan menengah dapat memasarkan produknya secara internasional cukup dengan membuat situs web atau dengan memasang iklan di situs-situs internet tanpa batas waktu (24 jam), dan tentu saja pelanggan dari seluruh dunia dapat mengakses situs tersebut dan melakukan transaksi secara on line.

- Transaksi anonim

Para penjual dan pembeli dalam transaksi melalui internet tidak harus bertemu muka satu sama lainnya. Penjual tidak memerlukan nama dari pembeli sepanjang mengenai pembayarannya telah diotorisasi oleh penyedia sistem pembayaran yang ditentukan, yang biasanya dengan kartu kredit.

- Produk digital dan non digital

Produk-produk digital seperti software komputer, musik dan produk lain yang bersifat digital dapat dipasarkan melalui internet dengan cara mendownload secara elektronik. Dalam perkembangannya obyek yang ditawarkan melalui internet juga meliputi barang-barang kebutuhan hidup lainnya.

- Produk barang tak berwujud

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang e-commercen dengan menawarkan barang tak berwujud separti data, software dan ide-ide yang dijual melalui internet.
Secara ringkas manfaat / keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
-Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
-Bagi Pengelola bisnis: efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
-Bagi Manajemen: peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Sesuatu didunia ini memang tidak ada yang sempurna, dibalik keuntungan-keuntungan diatas ada juga beberapa kelemahan dan permasalahan pada E-COMMERCE, yaitu :

Keterbatasan Teknis e-commerce :
-Ada kekurangan sistem keamanan, kehandalan, standar, dan beberapa protokol komunikasi
-Ada bandwidth telekomunikasi yang tidak mencukupi
-Alat pengembangan perangkat lunak masih dalam tahap perkembangan dan sedang berubah dengan cepat
-Sulit menyatukan perangkat lunak Internet dan EC dengan aplikasi dan database yang ada sekarang ini .
-Vendor-vendor kemungkinan perlu server web yang khusus serta infrastruktur lainnya, selain server jaringan
Beberapa perangkat lunak EC mungkin tidak akan cocok bagi hardware tertentu, atau tidak bisa dipasang bersama dengan beberapa sistem pengoperasian atau komponen-komponen lain.

DAFTAR PUSTAKA

- http://ikhsan-ai.it-kosongsatu.com/2010/05/manfaat-e-commerce-dan-kelemahannya/
- Efraim Turban, Ephrain McLean, James Wetherbe, Information Technology For Management, John Wiley & Sons Inc, 2001.
- Majalah Teknologi, Jakarta, edisi November 2001.
- http://www.binushacker.net/definisi-ecommerce-e-commerce-www-kotadingin-cc-cc.html

0 komentar:

Post a Comment